Senin, 24 Nopember 2014 | 1 Safar 1436 H

Dana Sertifikasi Guru Tahun 2012 di Pessel Belum Bayar

Nasmeri : Sabar, Pemerintah Tetap Bayar Dana Sertifikasi Guru

Selasa, 03 September 2013 | 11:57:24 WIB | Pendidikan
Nasmeri : Sabar, Pemerintah Tetap Bayar Dana Sertifikasi Guru

Padang,Laksus News--Belum di bayarkannya dana tunjangan profesi (sertefikasi) guru bulan November-Desember 2012 sempat menimbulkan pertanyaan bagi guru-guru di Kab.Pesisir Selatan (Pessel). Dalam menanggapi fenomena tersebut, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Nasmeri  yang dijumpai, Senin (2/9) angkat bicara.

Dijelas Nasmeri, "Sebagaimana mekanisme Pembayaran tunjangan profesi guru PNS daerah dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan menetapkan daftar dan rekapitulasi jumlah guru PNS daerah yang berhak mendapatkan tunjangan profesi per-kab/kota, paling lambat Oktober tahun berjalan untuk pembayaran tahun berikutnya. Selanjutnya data tersebut disampaikan kepada Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan.

Selanjutnya, Menteri Keuangan menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tentang Alokasi Dana Tunjangan Profesi bagi Guru PNS Daerah untuk masing-masing Daerah kab/kota dan provinsi berdasarkan data yang sudah ditetapkan oleh Direktur Jenderal terkait pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, paling lambat bulan Januari tahun anggaran berjalan. 

Sambungnya, lalu Pemda mengalokasikan tunjangan profesi bagi guru PNS Daerah pada APBD dan APBD-Perubahan sesuai alokasi dana dalam Permen Keuangan. Dan Dinas pendidikan kab/kota berkewajiban untuk menyusun daftar guru penerima tunjangan profesi setiap bulan dengan mengacu kepada surat keputusan kepegawaian tentang gaji pokok.

Penyaluran ke kas Daerah dilakukan setiap triwulan (tiga bulanan) sesuai dengan PMK Tentang Alokasi Tunjangan Profesi per Daerah. Dinas pendidikan kab/kota dan Provinsi wajib membayarkan tunjangan profesi Guru PNS Daerah secara Triwulan (tiga bulanan) sesuai dengan PMK Tentang Alokasi Tunjangan Profesi per Daerah.

Apabila masih terdapat sisa pembayaran tunjangan profesi bagi Guru PNS daerah setelah realisasi pembayaran Triwulan Pertama, maka sisa dana tersebut menjadi penambah pagu pendanaan Triwulan kedua, sisa dana pada Triwulan Kedua menjadi penambah pagu pendanaan Triwulan Ketiga, dan sisa dana pada Triwulan Ketiga menjadi penambah pagu pendanaan Triwulan Keempat.

Jadi intinya, dana tunjangan profesi guru ini tetap akan di bayarkan pemerintah, meskipun terjadi keterlambatan yang disebabkan adanya perbedaan jumlah pembayaran, sebagaimana dijelaskan diatas. Dan hal ini akan segera di selesaikan. Oleh karena itu, guru-guru di kab.Pessel di harapkan untuk bersabar, ini hanya masalah proses waktu saja, himbau Nasmeri. (LN-01/Abil)

 

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar